Senin, 16 Maret 2009

Agrimeet makes me love Agribusiness more...

satu minggu yang lalu, saya dan beberapa teman dari himpunan berangakat menuju bogor tepatnya di IPB darmaga (damn, this place is in the middle of nowhere).. Kunjungan kita kesana sebenarnya dalam rangka pendelegasian himpro agribisnis ke acara Agrimeet 2009 yang diadain atas kerja sama POPMASEPI dan IPB.

Acara ini menarik banget, content acara yang dikemas selama tiga hari serta hospitality dari tim panitia penyelenggara, membuat saya antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.. ga kerasa pisan euy.

pelatihan manajemen dan enterpreneurship yang diberikan menuntut kita sebagai mahasiswa untuk tidak menjadi petani, tetapi juga menjadi pengusaha di bidang pertanian yang sukses, cerdas, dan berkah tentunya. InsyaAllah. sejak saat itu saya bersumpah dan akhirnya memiliki determinasi yang kuat untuk menjadi pengusaha minyak atsiri berskala internasional yang sukses dan berkah!!!
selain pelatihan kita juga diberikan informasi mengenai dunia pertanian. I got shockin information at that time. "If we see from the raw material of agriculture which exported to outside Indonesia, agriculture comodities is the biggest player in devisa maker for this country"

but, how come.. sektor paling besar dalam penyumbang devisa negara dan meninggalkan jauh sekali sektor yang lainnya.. masih dianaktirikan oleh pemerintahan sendiri. Pemerintah tetap saja membuat kebijakan yang memberatkan dunia pertanian. Sepertinya diperlukan kembali perumusan sebuah kebijakn pertanian yang dapat menguntungkan semua stakeholder yang terkait.

aduh, jadi ngeluh>>> hahaha

eniwey, tetep aja dari agrimeet itu, saya dapat teman-teman baru dari berbagai universitas di Indonesia yang konsisten dalam mengembangkan dunia pertanian dan bertekad menjadi pemimpin bangsa.. saya masih saja heran sama orang-orang yang hanya mementingkan nilai akademis, tapi tanpa pernah tahu bagaimana dunia pertanian dan bagaimana caranya kita sebagai kaum intelek muda berkontribusi kepada bangsa ini.

ingat, gelar kita setelah lulus nanti bukanlah sesuatu yang patut dibanggakan apabila kita tidak amanah.


kang nanang pernah bilang : "diantara 100 orang pemimpin, salah satunya adalah kamu. diantara 10 orang pemimpin, salah satunya dalah kamu. dan apabila ada satu orang pemimpin, itu pasti kamu"


just keep on the right track and make some changes, then we will know how great we are.hehehehe



kapan ya agrimeet lagi? can't wait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar